Pentingnya Double Toning dalam Skincare Routine

double toning skincare routine

Hai!
Setelah beberapa bulan lalu aku bahas tentang Double Cleansing, kali ini aku akan bahas tentang pentingnya double toning dalam skincare routine. Siapa disini yang belum melakukan step double toning? Semoga setelah membaca ini bisa langsung dipraktekan yaaa. 

Nah, kalian udah tau belum double toning itu apa? Prinsipnya double toning sama dengan double cleansing, menggunakan 2 produk yang berbeda dengan manfaat yang berbeda jugaa. Double toning ada dua tahap, yaitu Exfoliating toner dan Hydrating Toner.

Exfoliating Toner

Exfoliating toner adalah proses yang membantu kita untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang ada di wajah agar pori-pori tetap bersih. Kalau sel kulit mati kita biarkan saja, sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan masalah-masalah kulit, seperti bruntusan dan jerawat. 

Sel kulit kita itu beregenerasi umumnya terjadi setiap 28 hari.  Tapi seiring berjalannya waktu, proses regenerasi melambat dan pelepasan sel kulit mati jadi tidak sempurna. Padahaaaal kalo kita mengidamkan kulit yang sehat, glowing, lembab, bebas kusam, dan sempurna, pelepasan sel kulit mati harus sempurna looh. Sebaiknya, exfoliating toner digunakan saat usia menginjak 20 tahun, karena kalau masih dibawah 20 tahun regenerasi kulit sebenernya masih bagus, jadi tidak perlu bantuan dari produk exfoliating. 

Biasanya exfoliating toner mengandung acid agent seperti AHA (Glycolic Acid, Lactic Acid, Citric Acid) , BHA (Salicylic Acid) , PHA (Lactobionic Acid). Jenis kulit kering, biasanya cocok dengan kandungan Lactic Acid. Sedangkan yang berminyak dan berjerawat bisa memilih kandungan Salicylic Acid yang terkenal berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih. 

Kalau untuk pemula yang ingin menggunakan exfoliating product, disarankan untuk memilih kandungan acid yang rendah terlebih dahulu, contohnya exfoliating toner.  Exfoliating toner juga sebaiknya tidak dipakai setiap hari ya. Cukup 2-3 kali seminggu saja dan harus diprhatikan juga bahan aktif dari skincare lainnya yang kamu pakai,  menghindari pemakaian bersamaan yang bisa menyebabkan masalah kulit.

Pemakaian exfoliating toner adalah setelah melakukan double cleansing dan sebelum melakukan hydrating toner. Menggunakan hydrating toner setelah melakukan exfoiliating toner itu adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan untuk mengembalikan kelembaban kulit karena sifat acid yang cenderung membuat kulit jadi lebih kering. Biasanya exfoiating toner dipakai pada saat malam hari saja dan jangan lupa memakai sunscreen dipagi harinya karena kulit kita akan jadi lebih sensitif.

Oiya harus diperhatikan juga, step exfoliating memungkinkan kulit kita mengalami purging dan its normal. Bukan berarti produk tersebut tidak cocok, tapi memang keadaan yang membantu mempercepat munculnya jerawat yang akan muncul dipermukaan kulit. Supaya lebih jelas, mungkin nanti akan aku buat postingan tersendiri yaa tentang purging.

Aku juga udah pernah review tentang produk exfoliating toner kesukaan aku, boleh dibaca yaa hehe


Hydrating Toner

Dalam double toning, hydrating termasuk dalam step kedua. Pasti kalian udah familiar sama hydrating toner ini. Hydrating toner berguna untuk memberikan hidrasi lebih dan kelembaban pada kulit wajah setelah kita melakukan double cleansing atau exfoliating toner. Kenapa aku bilang setelah double cleansing atau exfoliating toner? Karena kalian bisa menggunakan hydrating toner tanpa menggunakan exfoliating toner. Berbeda jika menggunakan exfoliating toner, kalian wajib untuk menggunakan hydrating toner. Istilahnya exfoliating toner ngga bisa sendiri, hydrating toner bisa sendiri hihi

Buat kulitku yang kombinasi cenderung kering, hydrating toner adalah step favorite ku karena bikin kulit adi lebih fresh dan terasa siap untuk melakukan step skincare selanjutnya. 

Kalau exfoliating toner ditandai dengan kandungan acid, hydrating toner juga ditandai dengan kandungan yang menghindrasi. Contohnya hyaluronic acid, glycerin, chamomile, dan lain-lain. Penyebutan hydrating toner juga bermacam-macam, yaitu moisturizing toner, soothing toner, calming toner, dan lain-lain.

Urutan skincare routinr jika menggunakan exfoliating toner :

Double Cleansing - Exfoliating Toner - Hydrating Toner - Serum - Moisturizer


Urutan skincare routine jika menggunakan exfoliating toner :

Double Cleansing - Hydrating Toner - Serum - Moisturizer

Baca juga : Pentingnya Basic Skincare

Nah, jadi sekarang udah tau kan yaa kalau ternyata penting untuk melakukan double toning dalam step skincare routin kalian. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yaa :)
Have a nice day!

Comments

  1. Kayaknya aku udah lama deh ggak melakukan double toning. Skarang pengen cepet. Dulu telaten karena menggunakan dua produk dengan fungsi toning ini mba

    ReplyDelete
  2. wah ternyata toner juga ada double ya, saya yang masih awam belajar soal skincare kadang masih suka bingung-bingung, baca ini sangat membantu mba Put jadi bisa bedain tentang toner

    ReplyDelete
  3. Infonya ini bermanfaat banget mbak, soalnya masih banyak yang salah kaprah ngeluh pake exfoliate karena bikin kering dll padahal emang salah karena kurang hydratingnya

    ReplyDelete
  4. Jadi bisa pakai exfoliating toner or ngg ya mba. Ya ampun kadang aku hanya pakai facial foam dan micellar water aja terus langsung pakai serum or cream hehehr. Itu oke ngg mba?

    ReplyDelete
  5. Ak double cleansing yg pake exfo toner 2x sminggu, selebihnya double toner hydrating semua haha kadang ak triple toner jg sih beda2 brand .

    ReplyDelete
  6. Aku cuma pake hydrating toner untuk keseharian. Coba deh aku cari ya exfoliating toner yang cocok kira-kira untuk kulitku yang kering.

    ReplyDelete
  7. tengkyu puttt udah bikin artikel bermanfaat gini, aku jadi tau pentingnya exfo dan juga hydro toner nih. Jadi selama ini aku pake toner yg hydro kayaknya

    ReplyDelete
  8. Sejak WFH, kok segala rutinitas yang dulu gak aku lakuin yaa..
    Termasuk exfoliasi menggunakan toner.
    ini aslinya bikin kulit aku lebih lembab loo...karena udahannya toner serum dan cream.

    ReplyDelete
  9. Betul Kak penting banget! Aku dan teman-temanku juga saat ini sudah menerapkan double cleansing, terutama buat kita yang suka pakai make up sehari-hari

    ReplyDelete
  10. Penting banget concern tentang step double toning ini ya, biar awet muda forever

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata malah penting ya toner ini. Dulu kupikir yang penting cuma susu pembersihnya hehe :D
    Ternyata produk toner pun ada bbrp varian yang fungsinya bisa berbeda gtu ya kirain sama aja lho selama ini TFS

    ReplyDelete

Post a comment