Kulit Bruntusan? Apa sih Penyebabnya?

Penyebab Kulit Bruntusan

Haiii!
Kalo bicara soal bruntusan, pasti udah ngga asing lagi kaaan. Sering banget aku dapat pertanyaan soal bruntusan di dm atau kalo aku lagi buka Q&A di instagram, seperti yang aku lakukan beberapa hari yang lalu. Pertanyaannya seputar penyebab dan cara mengatasinya. 

Sebelumnya, aku seneng banget karena makin kesini makin banyak temen-temen online ku yang lebih fokus untuk mencari tau penyebabnya dibanding langsung menanyakan pakai produk apa. Itu tandanya udah banyak yang lebih aware dengan hal-hal apa aja yang bisa bikin kita bruntusan supaya kita bisa menghindarinya.

Kita bahas dulu yuk, sebenarnya bruntusan itu apa sih?
Bruntusan bisa dibilang sama saja dengan white heads atau komedo putih. Bruntusan juga bisa dibilang jerawat dengan ukuran yang lebih kecil. Biasanya bruntusan tidak menyebabkan kemerahan dan tidak ada rasa perih.

Jadi, apa penyebabnyaa?

Umumnya, penyebab bruntusan yaitu menumpuknya sel kulit mati yang menyumbat dipori-pori, penumpukan minyak, bakteri, bahkan jamur.
Nah apa yang menyebabkan hal-hal itu terjadi? Yuk kita bahas!

     1. Membersihkan wajah kurang maksimal.

Penyebab Kulit Bruntusan

Membersihkan wajah adalah salah satu hal yang paling penting yang harus kita lakukan setiap hari. Kenapa? Karena setiap hari kita pasti terpapar debu dan kotoran yang ada diudara. Membersihkan wajah dengan cara double cleansing atau triple cleansing adalah cara terbaik untuk menghilangkan sisa makeup, debu dan kotoran.

Cara membersihkan wajah juga harus benar, kalau kurang tepat, bisa jadi salah satu penyebab munculnya bruntusan loh. Kalau kalian masih bingung tentang membersihkan wajah dengan benar, aku udah bahas dipost aku yang menjelaskan tentang Double Cleansing, bisa dibaca juga yaa.

Baca juga : Holy Grail Facial Wash

     2. Hormon

Seperti dilansir diartikel female daily, hormon menjadi salah satu penyebab bruntusan. Hormon wanita bisa berubah-ubah menjelang menstruasi. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak. Nah, seperti yang aku bahas diatas, penumpukan minyak menjadi salah satu penyebab bruntusan.

     3. Tidak Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Penyebab Kulit Bruntusan
Source : http://google.com 

Setiap harinya wajah kita menghasilkan sel kulit mati. Itu sebabnya, penting buat kita rutin melakukan eksfoliasi wajah. Seperti yang kita tau, fungsi utama dari eksfoliasi wajah adalah menghilangkan atau mengangkat sel kulit mati.

Ada dua eksfoliasi yang bisa kamu lakukan, physical exfoliation atau chemical exfoliation. Lebih lengkapnya bisa baca di post aku tentang Eksfoliasi. Perlu diingat, lakukan eksfoliasi secara rutin minimal 1x dalam seminggu.

     4. Menggunakan Produk Skincare yang Salah

Kebanyakan, kita hanya fokus terhadap apa yang suatu produk skincare itu tawarkan tanpa melihat ingredientsnya. Tidak semua ingredients memberikan dampak baik bagi kulit kita, lho! 

Penggunaan skincare yang bisa menyebabkan comedogenic bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Nah gimana cara taunya? Biasanya aku cek setiap produk skincare aku di skincarisma.com, disitu kita bisa meliat kandungan apa aja yang ada di dalam produk skincare tersebut dan juga akan ada keterangan comedogenic atau tidak. Selain itu, biasanya kandungan paraben, alkohol, jojoba oil, coconut oil, sunflower oil, dan sulfate, ternyata juga bisa menyebabkan bruntusan. 

Nah, ngga cuma skincare comedogenic aja nih, ternyata ada juga skincare yang memicu pertumbuhan jamur. Seperti yang dijelaskan Beauty Guru dari Korea, Liah Yoo, bruntusan juga bisa disebabkan oleh jamur yang berkembang biak. Jamur itu bernama "malassezia" yang tumbuh akibat produksi minyak berlebih.

Ngga cuma minyak berlebih, ternyata bisa juga disebabkan oleh kandungan galactomyces yang ada diproduk skincare. Sebenernya, fungsi galactomyces adalah untuk melembabkan. Tapi, Liah Yoo mengatakan kalau kandungan ini juga dapat memicu bruntusan.

Tapiii perlu diingat, reaksi tiap kulit kita berbeda-beda yaa, jadi tidak bisa dipukul rata kalo kandungan tersebut "pasti" menyebabkan bruntusan.

     5. Tidak Cocok dengan Produk Skincare atau Makeup

Penyebab Kulit Bruntusan
Setiap orang berbeda-beda reaksinya terhadap suatu kandungan skincare dan makeup. Mungkin saja penyebab wajah bruntusan adalah produk tersebut mengandung bahan-bahan yang tidak coco dengan kulit kamu. Pastikan kamu memperhatikan dan mengenali kandungan apa yang bisa menyebabkan bruntusan dan breakout di wajah kamu yaa.

     







6. Menggunakan Produk Moisturizing Agent Terlalu Tinggi

Penyebab Kulit Bruntusan
Source : https://pinterest.com/

Sebagai wanita yang mempunyai kulit kombinasi ke kering, aku suka banget memakai produk yang fungsinya untuk moisturizing. Biasanya aku mencari moisturizer dengan kandungan hyaluronic acid, glycerin, dan vitamin E. 

Nah, bagi sebagian orang, kandungan tersebut jika terlalu tinggi bisa menyebabkan bruntusan. Nah, lagi-lagi kamu harus paham dan cari tau apa yang diinginkan kulit mu yaah ;)

     7. Alat Makeup dan Barang di sekitarmu Kotor

Penyebab Kulit Bruntusan
Sorce :https://pinterest.com/


Ngga salah memang, kalau dibilang "Kebersihan adalah sebagian dari iman". Kebersihan selalu menjadi faktor penting dalam hidup kita, termasuk dalam hal buntusan ini.

Alat makeup yang sering kita gunakan seperti sponge dan brush, sudah pasti banyak ditinggali bakteri yang dapat membuat wajah kita bruntusan. Jadi luangkan waktu untuk selalu membersihkan makeup minimal seminggu sekali yaaa ;)

Selain alat makeup, barang-barang disekitar kita juga banyak loh yang kotor dan bisa menyebabkan bruntusan. Beberapa diantaranya adalah bantal, sprei, kerudung, mukena, dan layar handphone. Nah, mulai sekarang harus lebih rajin membersihkan barang-barang disekitarmu yaah!

     8. Makanan

Penyebab Kulit Bruntusan
Source : https://pinterest.com/

Selain makeup dan skincare, ternyata makanan juga bisa jadi salah satu penyebab bruntusan loh. Tapi mungkin kalo makanan lebih susah untuk di track. Harus diperhatikan baik-baik dan butuh waktu lama.  Biasanya makanan dan minuman yang tinggi gula, dairy product, makanan cepat saji, cokelat, whey protein, dan kopi. Maka dari itu kamu harus lebih jeli, teliti, dan perhatikan porsi dalam memilih makanan, agar bruntusan tidak terus bermunculan.

Baca juga : N'Pure Face Toner


------

Nah, sekarang sudah lebih banyak tau kan penyebab bruntusan dikulit wajah? Selain menghindari hal-hal diatas, aku akan bahas soal cara mengatasi bruntusan dipost selanjutnya yaaa! Stay tune!

Comments

  1. betul, banyak sekali penyebab jerawat, faktornya meliputi internal dan eksternal makanya penting sekali mencari tahu penyebabnya sebelum mencoba banyak produk :)

    ReplyDelete
  2. Betul banget bruntusan bisa disebabkan karena banyak faktor ya, yang paling ngerti emang diri sendiri ya, kalo aku biasa paling sering karena hormon kalo PMS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu, emang kita harus paham sama diri sendiri maunya apaa. Aku juga biasanya hormon kalo mau PMS kak

      Delete
  3. Wah aku baru tau penyebab bruntusan itu karena juga dari faktor makanan. Makasih ka. Ini sgt bermanfaat bgt buat ortu ku yg lg break out

    ReplyDelete
  4. Blog terdetail dan termenarik nih enak dibacanya ga ngebosenin dan yang pasti isiannya yang sangat bagus. Aku sering banget beruntusan terkadang gatau juga penyebabnya apa setelah baca ini aku jadi tau ternyata aku menggunakan moisturizer agent yang terlalu tinggi selama ini aku ga paham banget apa yang diinginkan kulitku jadi aku paksa terus buat pake produknya.

    ReplyDelete
  5. Jadi tau skrg penyebab kenapa muka aku beruntus gini hiks

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Review nya kk๐Ÿ˜˜๐Ÿ’•๐Ÿ’•

    ReplyDelete
  7. Btw ka exfoliate rutin itu minimal seminggu sekali atau hitungan hari sudah harus exfoliation lagi?

    ReplyDelete
  8. Setuju sama semua point-nya, terutama yang exfoliate itu. Kadang exfoliation suka di-skip karena merasa membersihkan wajah pakai facial foam saja sudah cukup. Padahal sebetulnya tetap ada sisa2 sel kulit mati yang numpuk ya beb. Ujung2nya jadi beruntusan deh.

    ReplyDelete
  9. Banyak juga ya yang jadi penyebab bruntusan. Kalau udah gini tinggal ditelusuri aja nih salahnya di mana hingga ada bruntusan. Thanks kak bermanfaat sekali infonya.

    ReplyDelete
  10. yang kamu sampaikan di atas bener semuanya beb.. emang harus rajin bebersih wajah dan skincare-an

    ReplyDelete
  11. Hwaa bnr bgt dong ini, aku sering bruntusan tp cpt ilangnya cuma ya nanti gitu lg huhu. Udalama gak eksfoliasi kulit wajah huhu abis scrub akyuuuu

    ReplyDelete
  12. Makasih artikelnya put. Aku jadi tambah ilmu lagi tentang beruntusan. Krn dl fokusku lebih ke jerawat. Hehe..

    ReplyDelete
  13. Nah kalau aku biasanya bruntusan itu gak cocok sama skincare yang aku pakai, jadi kadang kalau sudah dapat skincare yang cocok males pindah kelain hati.

    ReplyDelete
  14. Sebel banget yaa kalo ada bruntusan tuh, biasanya sih kalo aku gara-gara ga cocok sama skincare, hormon sama makanan juga

    ReplyDelete
  15. Sometimes I’m just too lazy to clean my face and that’s exactly what happened. I think we need to be disciplined about it

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk jarang bruntusan, bruntusannya kalau menjelang pms, kalau skincare biasanya aku recheck dulu di belakang telinga

    ReplyDelete
  17. Pencerahan banget, kak...haturnuhun.
    Suka panik duluan kalau uda mulai gak sehat kulitnya. Seringnya sih...nyalahin skincare yang barusan dipake.
    Padahal bisa jadi juga karena pola makan yaa...

    ReplyDelete
  18. ternyata penyebabnya banyak juga ya, aku hampir jarang sih bruntusan, kalau pakai skincare yang ga cocok baru deh muncul, lainnya belom bisa kedeteksi, terima kasih ka sharingnya, ternyata faktornya banyak ya

    ReplyDelete
  19. Nah iya banget nih. Aku di rumah aja tapi kok kadang suka ada jerawat bandel. Antara hormonal sama kurang bersih nih huhuhu

    ReplyDelete
  20. Kukira penyebabnya karena hormon aja mba, biasanya kalau mau dapet tamu bruntusan ternyata banyak penyebabnya ya. Harus mulai hati-hati ini, selain wajah aku yang bruntusan itu punggung Mba Put.

    ReplyDelete
  21. yang sering terjadi di aku itu karna kuas yg kotor kak.. dan pernh jg lagi keringetan trus aku basuh muka kok bsa jdi beruntuasan jg ya

    ReplyDelete
  22. Bermanfaat banget infonya ❣️ thnksyou ka๐Ÿ’–

    ReplyDelete
  23. Nah ini, kadang aku heran, kalo pakai yg over moisturizer bukannya makin kenyal malah makin beruntusan kadang jerawat malah muncul.

    ReplyDelete
  24. bermanfaat banget infonya, makasih ya.penuturan ya baik

    ReplyDelete
  25. No 6 aku baru tau lho ternyata terlalu tinggi kandungan moisturizernya jg bs bkin bruntusan ya,maaciw infonya

    ReplyDelete
  26. Wah lengkap banget sih penjelasannya... Emang bener banget sih, bruntusan tuh gengges banget... Paling sebel klo lagi bruntusan...

    ReplyDelete
  27. Makasih kak infonya,sekarang makin ngerti kenapa bruntusanku susah banget sembuhnya

    ReplyDelete
  28. Kalo laki laki bisa bruntusan juga gak ya

    ReplyDelete

Post a comment