Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser Review

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Percaya atau ngga, aku sudah pakai produk Sensatia Botanicals Unscented Soapless ini kurang lebih 2 tahun loh. Dulu aku kira facial wash itu tidak berpengaruh banyak terhadap kulit wajah, yang penting ada busa melimpah haha. Dulu juga aku berpikir, buat apa sih beli facial wash mahal? Toh fungsinya sama?

Tapiii, setelah aku banyak belajar tentang facial wash, pandanganku terhadap facial wash berubah. Ternyata salah satu faktor utama yang membuat kulit wajah gampang 'ngambek' itu ada di produk facial wash. Kandungan SLS (Sodium Lauril Sulfat) yang ada di sabun cuci wajah membuat kulit wajah menjadi kering. SLS itu sendiri merupakan bahan kimia yang dapat melepaskan molekul-molekul dalam kulit sehingga proses pembersihan lebih efektif, ciri-cirinya menghasilkan busa yang berlebih. Selain membuat kulit kering, penggunaan SLS setiap hari dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan kemerahan.

Sebelum aku memakai facial wash non SLS, aku hanya memakai sabun cuci muka yang banyak dijual di minimarket. Ternyata itu memebuat kulitku kering dan gampang terkena masalah kulit. Sampai akhirnya waktu itu aku nonton skincare 101 di Female Daily yang dulu masih dibawakan oleh Kak Affi Assegaf. Dari situlah aku mulai belajar tentang facial wash ini dan menentukan pilihan ke Sensatia Botanicals karena merek ini adalah salah satu merek lokal yang tidak mengandung SLS.

Product Information

Sensatia Botanicals merupakan produk lokal asal Bali yang didirikan pada tahun 2000. Saat ini sudah terdapat di lebih dari 40 negara. Lebih dari 200 produk yang telah terdaftar di BPOM dan bersertifikat halal.


Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser















Varian facial cleanser yang aku gunakan adalah Unscented Soapless Facial Cleanser. Varian ini dikhususkan untuk pemilik kulit sensitif. Selain varian ini juga ada 4 varian lainnya, bisa disesuaikan dengan kulit wajah kalian ;)


Bahan Utama:


Sari lidah buaya kaya akan vitamin yang membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Belimbing mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk kulit bercahaya. Pepaya mengeksfoliasi secara alami. Bengkoang mengandung vitamin B dan C untuk membantu menjaga kesehatan kulit.


Packaging

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser
Tutupnya berbentuk flip flop

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Dari segi kemasanbukan seperti facial wash biasa yang berbentuk tube. Tapi ini kemasan botol  plastik berwarna gelap. Tutupnya berbentuk flip-flop yang cukup aman. Untuk mengeluarkan produknya, botol kemasan harus ditekan. Tapi menurutku kemasannya tidak travel-friendly, masih terlalu besar untuk dimasukan kedalam pouch. Saranku, bisa membeli botol travel kecil untuk memindahkan produknya jika ingin bepergian.

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser


Teksturnya berupa gel yang tidak terlalu kental dan berwarna kuning kecoklatan. Karena tidak mengandung SLS, facial wash ini tidak mengandung busa. Awalnya memang agak aneh karena kita terbisaa dengan sabun cuci muka yang banyak busanya. Tapi lama kelamaan itu menjadi hal biasa kok. Bahkan sekarang, kalo aku pakai sabun cuci muka yang banyak busanya, wajahku jadi terasa ngga nyaman.

Wanginya ngga mengganggu sama sekali, mungkin karena varian yang aku pakai adalah unscented.

Cara pakainya juga tidak susah, pertama basahi wajah dengan air, tuangkan produk ke telapak tangan, ratakan terlebih dahulu ditelapak tangan dan aplikasikan ke seluruh wajah, lalu bilas.

Review

Hal pertama yang aku notice dari produk ini adalah aromanya. Aroma dari varian unscented ini tidak menyengat seperti varian lainnya. Itu yang membuat aku lega karena kulitku sensitif dengan parfume yang terkandung didalam suatu produk. 

Buatku, produk ini adalah salah satu produk life savior aku! Rasanya 2 tahun yang lalu aku membuat keputusan yang benar untuk meninggalkan facial wash yang mengandung SLS dan membuat permasalahan pada kulit yang aku tidak sadari:')

Aku menggunakan facial wash ini 2 kali sehari  sebagai second/triple cleanser dan setiap aku memakai ini, kulitku tidak terasa ketarik sama sekali bahkan masih lembab dan jadi lembut kulit wajahnya. 

Buat efek jangka panjang yang aku rasakan juga berpengaruh banget, aku merasa kalo skincare yang aku gunakan setelahnya lebih mudah menyerap dan jadi lebih efektif. Kulitku yang sensitif juga terbantu banget dengan produk ini. Kalo aku lagi mencoba facial cleanser lain dan ngga cocok, aku langsung kembali ke produk ini.

Aku sangat merekomendasikan produk ini buat kalian yang mempunyai kulit sensitif. Kalian bisa membeli produk ini di official website, e-commerce, dan lain-lain. Harganya sekitar RP 130.000,-.

Nah, kalian udah coba produk Sensatia Botanicals belum nih? Kalo udah, produk apa yang kalian coba? Karena aku juga penasaran dengan produk lainnya hehe

Comments

  1. Hooo Sensatia Botanicals merupakan produk lokal asal Bali toh, kirain dari luar, Mbak. Terus ternyata tanpa SLS ya. Keren produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah kak produk lokal dengan kualitas tinggiii hehe

      Delete
    2. Kerennnn ternyata produk lokal Indonesia ya. Untuk botol ini ukurannya brp ml ya mbak? 1 botol bisa dipakai berapa lama?

      Delete
  2. aku ngacung banget mb yang suka susah banget cari sabun muka, soalnya biasa aja hasilnya ga ada perubahan gt, jadi perlu banget skincare malem deh. Kalau tahu ada yang bisa cocok banget gini jd suka mupeng pen coba deh ya, hihi namanya juga cewe tetep harus dirawat ya mb asetnya alias si muka ini hihi

    ReplyDelete
  3. Aakkk jadi beneran pen pake, kemarin tuh temen ada juga yg review di ig, tapi tau harganya mihil, entar dulu ahh, eh taunya baca disini jelas dan detail, sudah halal pulak,
    jadi pen cobaaainnn,

    ReplyDelete
  4. Wah, baru tahu saya, Mbak. ternyata sabun pembersih wajah bisa membuat kulit kering, ya. Jadi pas berada di luar rumah, kulit malah lebih kering.
    Dan bangga juga saya mengetahui Sensatia Botanicals produk lokal asal Bali yang sudah tersebar di berbagai negara. Mungkin karena produk lokal, maka sangat sesuai dengan jenis kulit orang Indonesia ya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Rasanya memanng rada aneh kalau facial wash itu gak ada busanya ya mbak. sama kayak pasta gigi.

    ReplyDelete
  6. aku pernah pake ini juga dulu, enak ya udahnya jadi lembab dan ga keset walau agak aneh ga ada busanya hahahaa

    ReplyDelete
  7. Kak, memang beda ya produk yang ada SLS-nya dan tidak..apalagi buat kulit yang sensitif. Kujuga berkulit sensitif termasuk terhadap produk yang wanginya kebangetan jadi biasa pilih yang unscented juga.

    ReplyDelete
  8. Keren ya mba ada produk lokal yang bermutu dan non SLS seperti Sensatia Botanical ini, semoga makin mudah dipasarkan sampai ke minimarket :)

    ReplyDelete
  9. Sepertinya saya mau mencoba produk ini karena kulit sy tmsk yg sensitif..jadi suka bingung krna ganti2 skin care..semoga sy cocok deh dng produk ini

    ReplyDelete
  10. mba Put kebetulan aku lagi nyari-nyari review produk ini, pas banget nemu ini di blognya mba Put, biasanya sama produk lokal kulitku ga ada masalah tapi tetep pengen liat review orang dulu

    ReplyDelete
  11. Waah mesti dicari nih..secara imut yahh kemasannya si Sensatia Botanicals Unscented Soapless ini. Pastinya bikin kulit wajah jadi lembab dan kenyal2 gitu... mau dong

    ReplyDelete
  12. Dulu aku sempet borong produk Sensatia ini dari face wash, serum dll. Dl aku cb face washnya tapi bukan usnscented ini. Wanginya enak kyk rempah gitu. Jd penasaran jg ama varian ini deh

    ReplyDelete
  13. Wih aku jadi pengen nyoba nih mba karena selama ini gak terlalu aware sama yang namanya facial wash. Ternyata justru itu yang paling penting ya mba

    ReplyDelete
  14. Aku sempat ada mau coba produknya Sensatia, tp karena aromanya aku mundur dulu 🤣. Tkt cuma kepake setengah trus enggan heheh

    ReplyDelete
  15. Belum pernah coba produk ini sih, tapi pas baca reviewnya kok rasa tertarik pengen coba ya. Soalnya akupun beranggapan begini soal facial wash, gak terlalu pilah2, ternyata penting ya padahal

    ReplyDelete
  16. akhirnya baca reviewnya penasaran juga sama facial wash ini pas mba tunjukin di IG hehehe jadi makin penasaran pengen cobain nih

    ReplyDelete
  17. Harganya 130rb untuk botol sebesar itu menurutku sih worthed ya. Semenjak coba pertama kali punya kakak ipar aku jadi penasaran banget pengen coba tiap hari. Enak kekulit..

    ReplyDelete
  18. Wah, suka deh produk yang kayak begini. Yang gak pake pewangi tambahan dan gak mengandung sabun. Soalnya wanginya suka ganggu. Dan efek sabun bikin kulit berasa kering kaku. Kudu nyoba deh kayaknya.

    ReplyDelete
  19. Harganya Rp 130 ribu tampakknya emang pas dengan kualittasnya yya mba. Wanginnya juga enak

    ReplyDelete
  20. Belum pernah sama sekali nyobain Sensatia ini. Mungkin bener kalik ya klo mukaku berasa ketarik karena masih pake facial wash yg ada SLSnya.
    Must try niiyy...

    ReplyDelete
  21. it means ini cocok buat aku ya mbak, karena kulitku sensitif banget. tapi belum pernah cobain. beli ahh

    ReplyDelete
  22. Kalo pemilik kulit sensitif memang lebih perlu aware dengan kandungan bahan2 ya mbak. Kulitku berminyak sih tapi aku sendiri kalo pake facial wash yg di minimarket juga sering bikin kulit ketarik2 haha ga cocok

    ReplyDelete
  23. Kalo pemilik kulit sensitif memang lebih perlu aware dengan kandungan bahan2 ya mbak. Kulitku berminyak sih tapi aku sendiri kalo pake facial wash yg di minimarket juga sering bikin kulit ketarik2 haha ga cocok

    ReplyDelete
  24. Biasanya kalau unscented kayak gini cocok di kulit kering sensitifku, mau juga ah nanti nyobain

    ReplyDelete
  25. Aku awalnya juga ngerasa aneh, kak...sama facial wash yang gak ada SLS nya.
    Berasa gak bersih pas cuci muka.
    Tapi karena tiap hari make, lalu kulit wajah jadi gak ada masalah, aku rasa...aku harus mulai adaptasi sama hal tersebut.

    Sensatia botanicals kayanya bisa jadi pilihanku berikutnya niih...setelah aku beli merk yang nge-heiitts di kalangan beauty bloher.

    ReplyDelete
  26. Untuk penggunaan produk wajah,aku mang sedikit selektif. Karena kulitku yermasuk yang sensitif bila tidak cocok dengan suatu produk.

    Mengingat usia tidak lagi muda,sangat rentan mengalami masalah pada wajah, bisa flek,jerawat,kulit kusam,keriput dan lain sebagainya.

    Baca ulasan mba,bikin aku penasaran dech sama Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser nya.
    Apalagi tidak mengandung SLS

    ReplyDelete
  27. Aku pun prefer sabun yg non sls tapi kalo soapless masih belum deh. Berasa ada yg kurang kalo busanya dikit gitu hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment