Apa Itu Double Cleansing dan Bagaimana Cara Menggunakannya?



Semenjak aku sering sharing tentang skincare routine di Instagramku, ternyata ngga sedikit yang bertanya tentang double cleansing. Beberapa pertanyaannya adalah "Apa metode ini perlu dilakukan setiap hari?" "Kalau ngga keluar rumah, perlu ngga double cleansing?" "Step pertamanya harus oil base?" dan lain-lain.

So hari ini aku akan membahas tentang double cleansing, salah satu step basic skincare yang menurutku paling penting dan tidak boleh dilewatkan. Dulu sebelum aku rutin melakukan metode ini, kulitku kusam, sering beruntusan, dan timbul permasalahan kulit lain. Wajar sih, karena dulu aku masih belum paham pentingnya membersihkan wajah.

Setelah aku mempelajari tentang step double cleansing, aku jadi semangat untuk konsisten dan Alhamdulillah terasa banget perubahannya.

DOUBLE CLEANSING

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan melakukan 2 step pembersihan supaya sisa makeup dan kotoran yang menempel di kulit wajah kita bisa terangkat dengan baik. Istilah double cleansing ini pertama kali diperkenalkan oleh sebuah brand skincare asal Jepang.

Singkatnya, untuk membersihkan wajah dimulai dari step pertama, yaitu membersihkan makeup dan kotoran dengan menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar minyak. Step kedua, diikuti dengan menggunakan facial wash. 

"Double cleansing is a method of cleansing your face twice: First, with an oil-based cleanser and again with a water based cleanser. It can help remove stubborn, pore-clogging, and acne-causing impurities that can remain on the skin even after washing your face once."
 -David Lortscher, M.D. as a certified dermatologist.


STEP PERTAMA : Oil based

Double Cleansing


Di step pertama ini ada beberapa jenis produk yang bisa kamu pakai, yaitu cleansing balm, cleansing oil, cleansing cream, dan cleansing milk. Tergantung preferensi kalian yang mana, disesuaikan sajaa yaa.

Kenapa sih harus oil-based?

Nah pembersih yang berbahan dasar oil dapat membantu kita untuk menghilangkan kotoran minyak seperti sebum, SPF, dan polusi diwajah yang dapat menyumbat pori-pori kita. Kalau menggunakan water-based saja tentu tidak cukup. Itulah kenapa micellar water bukan termasuk first cleanser. 

Micellar water masih aku gunakan hanya untuk memastikan kalau makeup dan kotoranku sudah terangkat dengan baik setelah menggunakan oil based cleanser. 

Stepnya : Oil-based cleanser - bilas - micellar water.

Positifnya, aku jadi bisa hemat kapas karena aku cuma butuh 1 saja saat mengaplikasikan micellar water hehe

Rekomendasi produk yang pernah aku coba :

⧫ DHC Cleansing Oil
⧫ The Body Shop Camomile Cleansing Balm
⧫ Clinique Take The Day Off Cleansing Balm
⧫ Shu Uemura Skin Purifying Cleansing Oil
⧫ Dermalogica Pre Cleansing Balm

Cara pakai : 
Untuk pemakaian cleansing balm atau cleansing oil, pastikan wajah kita kering terlebih dahulu, dan jangan lupa juga untuk membersihkan tangan (jangan lupa keringkan juga). Setelah itu letakan produk di tangan dan aplikasikan ke wajah yang kering, pijat perlahan dengan arah memutar. Pastikan produk menyeluruh ke seluruh wajah sampai makeup luntur. Setelah itu bilas dengan air.

Tambahan : Setelah dibilas, keringkan, lalu bisa gunakan micellar water untuk memastikan kembali wajah benar-benar sudah bersih.


STEP KEDUA 

Walaupun wajah kalian sudah bersih dengan melakukan step pertama, kalian juga wajib melanjutkan ke step kedua. Produk yang termasuk ke dalam step kedua adalah facial wash, facial foam, facial cleanser, atau sabun muka. 

Kenapa sih perlu step kedua?
Karena sabun cuci muka akan membersihkan secara tuntas sisa kotoran dan  residu dari produk pembersih wajah di step pertama. 

Untuk facial wash sendiri sebenarnya adalah hal yang tricky. Banyak orang yang menganggap ini hanya lewat saja karena tugasnya hanya seperti sabun mandi. Ternyataaa kegunaan facial wash lebih dari itu dan bahkan kalau kita tidak memilih dengan benar, bisa menimbulkan berbagai masalah untuk wajah kita loh.

Kebanyakan orang punya masalah diwajah karena tidak cocok dengan facial wash nya dan kebanyakan orang juga tidak menyadari kalau penyebabnya adalah facial wash. Menurut ahli skincare, facial wash yang disarankan adalah yang gentle untuk kulit. Ciri-ciri facial wash yang gentle adalah tidak banyak menghasilkan busa dan efek setelah mencuci muka kulit kita tetap lembab tanpa ada rasa ketarik.

*catatan : hindari facial wash yang mengandung scrub ya. 

Jadi pastikan facial wash yang kalian gunakan sudah cukup gentle ya!

Rekomendasi produk yang pernah aku coba :
⧫ COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Cara pakai : Setelah melakukan step pertama,  pastikan kembali tangan kalian bersih, basuh wajah menggunakan air, aplikasikan facial wash ke seluruh wajah, bilas dengan air.
Lakukan 2 kali sehari.

-------------------------------


Double cleansing ini membantu banget untuk membersihkan wajah, kalau wajah sudah bersih menyeluruh, produk skincare yang akan kita pakai setelahnya juga akan bekerja dengan maksimal ;)
Saranku buat pemula, lebih baik fokus dulu ke produk double cleansing setelah itu baru cari produk skincare yang kalian butuhkan sesuai concern kalian masing-masing.

Comments

  1. Double cleansing ini step favoritku banget dari semua step skincare yang ada <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya ngangkat semua kotoran diwajah tuh puas banget ya kak :D

      Delete
  2. Hebaat kak memang double cleansing itu diperlukan selain dengan pembersihan dengan sabun cuci muka biasa ..

    Informasinya sangat bermanfaat..
    Terimakasih kaak..
    Barakallah semoga dilancarkan semuanya ๐Ÿ™๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah bener banget! sama sama yaaa, terimakasih sudah mampir <3

      Delete
  3. Bener banget! Double cleansing itu memang penting sih. Share pengalaman ya, aku sempet skip double cleansing selama seminggu (karena pikirku aku libur cuma di rumah aja, jadi ga usah double cleansing). Eh kulitku jadi jerawatan dan kusem :( Jadi harus perbaikin kulit dr awal lagi deh. Kapok banget sepelein double cleansing :"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bangetttt, karena walaupun ngga keluar rumah kulit mati kita bakalan ada teruuus. kayak sekarang nih ya kita dirumah terus, harus tetep double cleansing ;)

      Delete
  4. Aku orang yang ngga jago banget dalam hal per make up an ..tapi setelah baca* blog dari kak putri aku berniat ingin belajar pake make up .. Aku anak kuliaahan tp aku selalu natural ..cuma pake bedak, doang hehehe ...

    Terus bikin penjelasan tentang make up ya kak .. Biar aku terinspirasi untuk belajar make up

    Semangat terus kakaaa

    ReplyDelete
  5. Wah informasinya lengkap banget kak jadi bisa tau deh double clensing apalagi saya nih yg blm paham dunia skincarean saya kira sih kalo sudah pakai micelle water sudah bersih ternyata tahap pertama harus pakai oil based dulu.. thanks informasinya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah bener karena micellar belum bisa mengangkat bekas sunscreen atau debu kotoran yang menempel dimuka kitaa

      Delete
  6. Terimakasih kak putri artikel nya bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  7. Bener banget kak double cleansing itu penting banget,tapi kadang aku suka males mau double cleansing,eh liat ini langsung sadar aku nya betapa pentingnya menjaga kulit wajah dengan menggunakan double cleansing

    ReplyDelete
  8. Pertamanya aku ga tau fs dr double cleansing di produk skincare eh gr gr ka putri jd tau fungsi sm manfaatnya. Maakasih ka

    ReplyDelete

Post a comment