MRT Hadir, Masyarakat Menyambut dengan Gembira

Saya adalah salah satu orang yang setia menggunakan transportasi umum. Dari mulai ojek konvensional di dekat rumah, angkot yang bisa berhenti dimana saja dan membuat jantung saya deg-degan karena kecepatannya sudah seperti mobil balap (hehe), kereta yang selalu banyak penumpangnya, bajaj dengan tarif sesuai kesepakatan, metromini yang selalu ada musisi-musisi jalanan, dan transportasi umum lainnya. Ditambah hal-hal menarik yang hanya bisa ditemukan di transportasi umum dan bisa melihat sisi lain dari masyarakat entah dari sisi semangat yang mereka tularan, lelahnya, begitu juga senang dan sedihnya.


Tidak banyak orang yang bisa merasakan hal-hal tersebut dan memilih kendaraan probadi mereka. Kenapa begitu? karena kurangnya rasa nyaman, macet, panas, polusi udara, polusi suara, keamanan yang masih kurang, dan fasilitas yang belum memadai. Akibat dari meningkatnya jumlah kendaraan yang terus menerus adalah kemacetan. Selain membuat kita lama diperjalanan, macet juga membuat kita menjadi stress, lelah, badmood, dan akhirnya jadi tidak produktif. 

Teringat ketika saya berada di salah satu negara maju, yaitu Korea Selatan, saya terkagum-kagum dengan rapihnya transportasi umum disana. Dari mulai di bandara sudah terintegrasi dengan subway 
menuju pusat kota, stasiun disana yang sudah tersebar luas, stasiun yang dekat dengan pemukiman, dan masyarakat yang selalu tertib mengikuti peraturan yang sudah dibuat untuk kenyamanan bersama menaiki transportasi umum. Kemacetan pun jarang terjadi disana.


Kabar baiknya, pemerintah kita tidak tinggal diam, banyak cara-cara yang sudah dilakukan untuk mengurangi kemacetan, contohnya seperti peraturan ganjil genap, contra flow,  Walaupun ternyata itu belum cukup mengurangi kemacetan di Jakarta. Tetapiiii saat ini pemerintah baru saja meresmikan transportasi baru di Jakarta, yaitu MRT. Horeeeee! Salah satu transportasi yang aku impi-impikan ada di Jakarta hehe

Sumber : Infografik MRT di jakartamrt.com

Jika kita lihat dari sejarahnya, MRT sudah mulai dibangun dari tahun 2013 dan mulai dioperasikan pada tahun 2019. Kepanjangan MRT adalah Mass Rapid Transit. MRT adalah salah satu proyek teknologi terbaik di Indonesia. MRT berada di dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 25 meter. Proses konstruksi MRT juga menggunakan teknologi tinggi sehingga kita tidak perlu khawatir berada di dalam tanah saat menaiki MRT. 

Pada tahap 1 ini terdapat 13 stasiun dari arah Lebak Bulus ke Bundaran HI yang berjarak 16 km. Satu rangkaian MRT terdapat 16 set kereta yag dapat memuat 1800 penumpang. Hal ini membuat MRT menjadi salah satu transportasi ideal di Indonesia. Selain keretanya, hal yang menarik adalah stasiun MRT itu sendiri. Ada enam stasiun yang berada di dalam tanah dan ada tujuh stasiun yang berada di jalan layang. Stasiun MRT juga bisa dibilang sangat berbeda dengan stasiun kereta yang biasa kita lihat jika kita menaiki commuterline. Terasa begitu sangat modern dan teratur. Fasilitas yang diberikan juga terbilang lengkap, hanya saja masih banyak yang belum ada Musholahnya. Tapi  buat kalian yang muslim, jangan khawatir, itu masih dalam tahap penyempurnaan.

Sumber : Infografik MRT di Jakartamrt.com

MRT hadir, produktifitas meningkat

Sejak diresmikannya MRT pada tahap I ini, banyak masyarakat dengan senang hati menggunakan transportasi modern ini. Kenyamanan, kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang diberikan sudah bisa kita rasakan. Apalagi dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta yang tepat waktu, bisa membuat penggunanya lebih tepat waktu. Selain itu, masyarakat juga semakin membiasakan diri dengan berjalan kaki karena jarak dari stasiun untuk menaiki MRT lumayan cukup jauh di setiap stasiunnya. Tidak perlu khawatir lagi terkena macet, panas, dan polusi di jalan, cukup dengan jalan kaki menuju stasiun MRT terdekat, dan kita bisa sampai ke tujuan dengan cepat dan nyaman tentunya.

MRT juga ramah disabilitas loh. Banyak fasilitas-fasilitas di MRT yang mengutamakan disabilitas, seperti pintu pengetapan khusus, elevator, toilet khusus, dan tentunya petugas yang siap sediaa membantu. Fasilitas lainnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Sumber : Infografik MRT di jakartamrt.com

Jadi, apakah kalian sudah mencoba transportasi modern ini? Kalau belum, yuk naik MRT dan kalian bisa merasakan sendiri keseruannya. Jangan lupa taati peraturan yang ada, tertib, dan jaga kebersihan yaa.




No comments:

Post a Comment

Featured post

Exfoliating Toner Lokal : Avoskin Miraculous Refining Toner (Review)

Hiii everyone! Siapa yang belum tau Avoskin ? Brand lokal yang kualitasnya tidak bisa diremehkan. Dari mulai Avoskin PHTE merek...

Subscribe